Bertambah Lagi Satu Kasus Positif Covid-19 di Kota Solok

Bertambah Lagi Satu Kasus Positif Covid-19 di Kota Solok

Solok, (InfoPublikSolok) – Bertambah lagi satu kasus positif Covid-19 di Kota Solok. berdasarkan laporan Tim Laboratorium Diagnostik dan Riset Terpadu Penyakit Infeksi Fakultas Kedokteran Universitas Andalas, dari 73 sample swab yang dikirim satu sampel hasil swab test pada hari Selasa (14/7) lalu dinyatakan Positif Covid-19.

Sehingga dengan adanya tambahan satu orang positif tersebut, menambah akumulasi pasien positif Covid-19 Kota Solok menjadi enam orang dimana lima orang telah dinyatakan sembuh dan diperbolehkan pulang. Untuk saat ini pasien 06 yang telah terkonfirmasi positif telah diisolasi di Posko Covid-19 Banda Panduang.

Plt. Kadis Kesehatan Kota Solok menyampaikan “Untuk upaya lebih lanjut, Tim Surveilans pada hari ini langsung memperdalam proses tracing terhadap pasien positif 06 terutama di lingkungan tempat tinggalnya, sesuai arahan dari Ketua Gugus Tugas Kota Solok,” ungkap dr. Dessy Syafril di Kantor Dinas Kesehatan Kota Solok, Jum’at (17/7).

Pasien 06 di curigai penularannya dari pelaku Perjalanan Paerah Terjangkit (PPT). Berdasarkan hasil tracking Tim Surveilans diketahui bahwa kontak erat dirumah ada 4 orang dan 1 keluarga yang pernah kontak dengan 06. Tim Posko Covid-19 Banda Panduang langsung melakukan swab tes ditempat kepada si Ibu bersama dengan 4 kontak erat lainnya.

Seluruh kontak erat langsung menjalani isolasi mandiri dirumah sampai hasil swab test keluar Sedangkan pasien 06 hari ini, Jum’at (17/7), akan dikirim ke Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BPSDM) Padang Besi, Tim surveilans saat ini masih akan melakukan tracking kepada tetangga atau kerabat lainnya.

Pada kesempatan itu Dessy menyampaikan himbauan “Untuk kedepannya tidak bosan-bosannya kami menghimbau pada masyarakat agar tetap senantiasa melakukan adaptasi kebiasaan baru dengan protokol kesehatan yaitu selalu memakai masker jika keluar rumah, menyediakan hand sanitizer, rajin cuci tangan serta menjaga jarak,” ajak Plt. Kadis.

Lanjutnya, “Selain itu protokol pulang kerumah pun tetap harus dilakukan secara sehat seperti tidak menyentuh benda didalam rumah sebelum mencuci tangan dengan air dan sabun, langsung mandi dan mengganti baju yang bersih. Hal tersebut dilakukan untuk memutus mata rantai penyebaran COVID-19 dirumah. untuk masyarakat agar dapat lebih mematuhi protokol kesehatan,” pungkas Dessy Syafril. (es)

Bagikan Melalui

Leave a Reply

Close Menu